SEJARAH STPK MATAULI

Sejarah Singkat STPK Matauli

Pengembangan sektor perikanan dan kelautan memiliki peran strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional. Maka itu, diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan.

Pendidikan sekolah tinggi berbasis perikanan dan kelautan mutlak diperlukan. Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli atau disingkat STPK Matauli hadir dan diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut.

Kehadiran Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang andal bagi semua pelaku pembangunan di sektor perikanan dan kelautan.

Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli ini berdasarkan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) perikanan dan kelautan, mempunyai wilayah pengembangan yang potensial.

Oleh karena itu, pembangunan sekolah tinggi ini harus dapat mendukung pembangunan secara makro untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli memberikan peluang kepada generasi muda, khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Provinsi Sumatera Utara, serta umumnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mengenyam pendidikan di bidang perikanan dan kelautan.

Diharapkan pula Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli mampu menghasilkan SDM yang unggul, sehingga dapat diserap oleh mayarakat, pasar dan dunia kerja, khususnya yang terkait dengan bidang perikanan dan kelautan.

(*)