STPK Matauli dan Tiga Instansi Pemerintahan Tanda Tangani MoU

Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK) Matauli Pandan merangkul tiga mitra instansi pemerintah dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Dalam siaran pers diterima Rakyatsumut.com, Kamis (13/2/2020), MoU itu berlangsung di Gedung Audio Visual Kampus STPK Matauli, Senin (10/2/2020) awal pekan ini.

Disebutkan, tiga instansi pemerintahan tersebut yakni Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tapanuli Tengah, serta Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Sibolga.

Penandatanganan dokumen MoU dilakukan antara Ketua STPK Matauli Joko Samiaji, Kepala PPN Sibolga Makkasau, Plt. Kepala Dinas DKP Kabupaten Tapteng M. Ridsam Batubara dan Koordinator PSDKP Sibolga Parluhutan Siregar.

Kerjasama yang dijalin meliputi aktivitas bersama dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran seperti Kuliah Lapangan, Magang dan Pelatihan, kemudian Bidang Penelitan, serta Bidang Pengabdian kepada Masyarakat.

“Kerjasama dengan instansi pemerintahan di bidang kelautan dan perikanan tersebut memberikan peluang kepada mahasiswa untuk ter-ekspose dengan dunia nyata tentang pekerjaan bidang perikanan dan kelautan,” ujar Ketua STPK Matauli Joko Samiaji dalam sambutannya.

Dengan terbukanya peluang tersebut, kata Joko, alumni yang dihasilkan STPK akan mempunyai kompetensi yang dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja.

“Mahasiswa menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi pada saat mitra di atas memberikan Kuliah Umum setelah MoU ditandatangani. Mereka merasa semakin mengenal lebih dekat dengan bidang akademik yang sedang mereka tekuni serta mampu menjawab tantangan ke depan di dunia kelautan dan perikanan,” ujar Joko.

Dia menjelaskan, kerjasama ini menjadi media terjadi transfer ilmu dan informasi terkini, keterbukaan wawasan dan mampu membaca tren yang akan terjadi di bidang kelautan dan perikanan di masa mendatang.

Di sisi lain Ketua STPK Matauli mengungkapkan, sejak Januari 2020 pihaknya telah membuka kesempatan kembali kepada para generasi muda di wilayah barat Sumatera Utara khususnya dan Indonesia umumnya melalui Penerimaan Mahasiswa Baru untuk jenjang Sarjana (S1) Tahun Akademik 2020/2021.

Dikatakan, calon mahasiswa dapat berasal dari lulusan SMA/SMK/MA dan lulusan Diploma-2 (D2) Politeknik dan Akademi Komunitas.

Pendaftaran dibagi menjadi 3 gelombang. Gelombang I sejak 23 Januari hingga 23 April 2020. Gelombang pertama ini tidak dipungut biaya.

“Gelombang kedua 24 April hingga 8 Agustus 2020 hanya dikenai 50% biaya pendaftaran, dan Gelombang ketiga sejak 9 Agustus – 8 September 2020,” sebut Joko.

Sebagai informasi, STPK Matauli mengasuh 3 program studi (Prodi), yaitu Prodi Teknologi Penangkapan Ikan, Prodi Akuakultur dan Prodi Sosial Ekonomi Perikanan.

“Pendaftaran bisa dilakukan secara online di https://www.stpkmatauli.ac.id/ atau mendaftarkan diri langsung ke Kampus STPK Matauli. Untuk informasi terkini, calon mahasiswa juga dapat menyimak melaui akun media sosial facebook dan instagram STPK Matauli,” tutup Joko.

About stpkmatauli

Check Also

DKP Sumut Gelar FGD RPWP3K di STPK Matauli Pandan

SmartNews, STPK MATAULI, Pandan, Tapteng – Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menggelar diskusi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *