Dosen STPK Matauli Tembus Prosiding Internasional Terindeks Scopus

STPK Matauli makin bersinar di dunia Internasional. Senin 6 Januari 2020 dosen STPK Matauli yaitu Emma Suri Yanti Siregar, S.Pi., M.Si dan Insaniah Rahimah, S.Pi., M.Si berhasil mempublikasikan paper mereka dalam “Proceeding of SPIE (Society of Photo-Optical Instrumentation Engineers) di Benllingham, Washington USA yang terindeks Scopus.

Paper berjudul “Accuracy test of Total Suspended Solid Concentration by Landsat 8 on In-situ Data in Lancang Island Waters, Kepulauan Seribu” merupakan paper yang dipresentasikan pada “The 6th International Symposium on LAPAN-IPB Satellite for Food Security and Management at IPB International Convention Centre, 2019, Bogor, Indonesia” beberapa waktu lalu.

Karya Ilmiah ini memanfaatkan teknologi pengindraan jauh (remote sensing) yaitu teknologi satelit Landsat 8. Landsat 8 merupakan sebuah satelit observasi bumi milik NASA – USA.

Paper ini mengembangkan metode ekstraksi informasi Total Suspendes Solid (TSS) di perairan laut dengan menguji korelasi antara data TSS yang di ukur di lapangan dengan data TSS dari citra Landsat 8.

TSS sendiri merupakan materi atau partikel yang tersuspensi dalam air. Materi yang tersuspensi mempunyai dampak buruk terhadap kualitas air karena mengurangi penetrasi cahaya matahari ke dalam badan air, kekeruhan air meningkat yang menyebabkan gangguan pertumbuhan bagi organisme produser terutama fitoplankton di laut.

Kedua peneliti atau penulis STPK Matauli ini memiliki kemampuan dalam “image processing” yang bekerja sama dengan peneliti IPB bidang Teknologi Kelautan.

Terbitnya tulisan ilmiah dosen STPK Matauli ini tidak lepas dari dukungan dari Yayasan Matauli yang menaungi instansi mereka.

Support dari segenap Pemilik, Pembina dan Penyelenggara Yayasan MATAULI diberikan dalam rangka mengembangkan STPK Matauli menjadi perguruan tinggi terbaik di Sumatera Utara dan nasional.

Kualitas Penelitian

Ketua STPK Matauli, Dr. Ir. Joko Samiaji., M.Sc  mengatakan penelitian ini merupakan kajian yang sifatnya terapan, dimana dapat diaplikasikan dalam penentuan kualitas lingkungan laut, khususnya berkenaan dengan produktivitas laut.

Hasil penelitian juga dapat digunakan di dalam penentuan sebaran material yang masuk ke ekosistem laut yang akhirnya dapat dipakai didalam kebijakan pembangunan wilayah pesisir.

Kajian hendaknya dilanjutkan dengan penelitian “in situ” terhadap komposisi produser primer berhubungan dengan tingkat kandungan TSS.

About stpkmatauli

Check Also

DKP Sumut Gelar FGD RPWP3K di STPK Matauli Pandan

SmartNews, STPK MATAULI, Pandan, Tapteng – Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menggelar diskusi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *