Perkuat Kualaitas Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumut dan STPK Matauli Jalin Kerjasama

Kepala DKP Sumut, Mulyadi Simatupang (kiri)  dengan Ketua STPK Matauli, Joko Samiaji usai menandatangani perjanjian kerjasama, Jumat (2/8) di kantor DKP Sumut Jalan Sei Batu Gingging Medan.

 

Medan –Memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya kelautan dan perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumut jalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK) Matauli Tapanuli Tengah. Di mana kerjasama juga untuk meningkatkan mutu pendidikan dan suksesnya pembangunan kelautan dan perikanan di Indonesia dan di Provinsi Sumut pada khususnya.
Hal ini dikatakan Kepala DKP Sumut, Mulyadi Simatupang di acara penandatangan perjanjian kerjasama dengan STPK Matauli, Jumat (2/8) di kantor DKP Jalan Sei Batu Gingging Medan.
Menurut Mulyadi, melalui kerjasama ini pihaknya memiliki tanggungjawab memberi dukungan untuk kelancaran proses pendidikan STPK Matauli, penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen STPK Matauli, dukungan penyelenggaraan program magang dan penelitian tugas akhir mahasiswa serta penyerapan lulusan dan informasi lapangan kerja.
“Perjanjian ini berlaku untuk jangka waktu tiga tahun dengan harapan kualitas dan profesionalitas SDM di lingkungan Sumut khususnya bidang perikanan dan kelautan semakin baik,” katanya.
Peningkatan kualitas SDM dan pembangunan di bidang perikanan dan kelautan ini, kata Mulyadi, sangat penting untuk jadi prioritas karena potensi kelautan dan perikanan di Sumut belum dioptimalkan, sehingga perlu dikembangkan untuk mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat nelayan di Sumut yang hampir 170 ribu jiwa.
“Bicara potensi, banyak yang kita miliki baik dari wilayah pantai timur hingga pantai barat. Kita ada ekosistem terumbu karang, bakau dan juga pulau-pulau kecil yang semuanya belum dimaksimalkan pengelolaannya,” ungkap Mulyadi.
Melihat potensi-potensi ini, lanjutnya, menjadi tugas semua pihak memperkuat kelembagaan SDM perikanan dan kelautan. Jadi dengan kehadiran mitra dari akademisi STPK tentu sangat bermanfaat kedua pihak.
Ketua STPK Matauli, Dr Ir Joko Samiaji, mengatakan, kerjasama dengan Provinsi Sumut melalui DKP ini ubtuk membesarkan negara Indonesia di bidang perikanan dan kelautan. Karena diketahui berbagai macam indeks perikanan dan kelautan belum optimal dalam pembangunannya.
Dalam perjanjian kerjasama ini, ungkap Joko, pihaknya tidak hanya bertugas membantu menyediakan tenaga ahli untuk kepentingan program pembangunan perikanan dan kelautan di Sumut, juga membantu memberi masukan dan pemikiran terhadap cakupan dan jenis kegiatan, serta pengembangan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan.
 Kepala DKP Sumut, Mulyadi Simatupang (kanan) bersalaman dengan Ketua STPK Matauli, Joko Samiaji usai menandatangani perjanjian kerjasama, Jumat (2/8) di kantor DKP Sumut Jalan Sei Batu Gingging Medan.

About stpkmatauli

Check Also

Potret kegiatan Ketua STPK Matauli Bapak Dr. Ir. Joko Samiaji, M.Sc saat menjadi narasumber di RRI Sibolga dalam Program Ibu Pertiwi Memanggil.

Potret kegiatan Ketua STPK Matauli Bapak Dr. Ir. Joko Samiaji, M.Sc saat menjadi narasumber di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *